Press "Enter" to skip to content

11 Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Mei 0

11 Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi – Lombok merupaskan salah satu tempat pariwisata yang kali ini sedang terkenal di Indonesia. Banyak wisatawan baik dari luar negeri atau dalam negeri datang ke Lombok karena memang ingin menikmati keindahan yang di suguhkan disana.

Pulau kecil yang bersebelahan dengan bali ini tak kalah indah, destinasi yang beragam mulai dari pantai dengan keindahan bawah lautnya sampai gunung dengan keasrian hutannya tak kalah indah dengan bali loh, yang membuat kalian betah berlama-lama di daerah tersebut.

Bukan hanya itu Lombok juga terkenal dengan berbagai macam keberagam budayanya. Mulai dari keberagam jenis kuliner sampai dengan kerajinan tangan khas dari Lombok yang wajib untuk kalian coba. Jadi apa aja sih destinasi wisata yang ada di Lombok, yuk simak penjelasan berikut ini :

Artikel tentang Destinasi wisata lain dapat kalian akses di link berikut ini:

Destinasi Wisata

Destinasi Wisata Lombok #1 Gunung Rinjani

Destinasi Wisata Lombok - Gunung Rinjani
Sumber : http://wisatabaru.com/10-foto-pemandangan-gunung-rinjani-yang-menakjubkan/

Destinasi wisata lombok yang pertama adalah Gunung Rinjani. Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini merupakan pucak tertinggi ketiga di antara tujuh puncak tertinggi di seven summits di Indonesia. Salah satu panorama di gunung rinjai ini yaitu Danau Segara Anak.

Danau ini menjadi tujuan utama para pendaki yang ingin mendaki gunung rinjani tersebut. Gunung rinjani juga mempunyai hutan yang lebat, semak belukar, serta padang savana yang luas, semua itu merupakan garis kontur yang ada di gunung ini.

Tak hanya keindahan alamnya yang eksotis. Perjuangan untuk mendaki gunung rinjani ini juga membutuhkan waktu yang lama serta kekuatan tubuh yang ekstra. Agar  bisa sampai di puncak gunung rinjani dibutuhkan 10 jam perjalanan.

Banyak keindahan yang dapat kalian nikmati saat di gunung rinjani, seperti  keindahan bunga edelweiss, keindahan samudra, serta keindahan pasir dan tebing yang ada di sana dan masih banyak lagi. Meski membutuhkan perjuangan yang melelahkan tetapi jika sudah berada di puncak, rasa lelah yang kalian rasakan akan dibayarkan dengan begitu indah pesona alam di sana.

Destinasi Wisata Lombok #2 Bukit Malimbu

Destinasi Wisata Lombok - Bukit Malimbu
Sumber : http://lombok.panduanwisata.id/wisata-alam/5-hal-yang-membuat-lombok-masih-tetap-menawan/3/

Destinasi wisata lombok yang kedua adalah Bukit Malimbu. Bukit malimbu ini terbagi menjadi dua yaitu kawasan bukit malimbu 1 dan kawasan bukit malimbu 2. Dari atas sana kita dapat melihat keindahan dari 3 gili yang ada di Lombok, diantaranya : gili trawangan, gili air serta gili meno.

Pada saat berada disana, kita akan di suguhkan dengan rerumputan hijau, gugusan pohon kelapa,pepohonan hijau serta kumpulan orang yang sedang menaiki boad.

Baca Juga :   Liburan ke Yogyakarta?? Inilah 7 Tempat Wisata Wajib Untuk Dikunjungi

Tempat ini menjadi sangat indah karena ke asrian dari tempat ini yang memang masih sangat terjaga. Keindahan yang di suguhkan oleh bukit malimbu ini membuat para pengunjung yang datang sangat terpesona dan mengabadikan moment-moment tersebut.

Pengunjung akan sangat banyak di bukit malimbu saat sore hari, karena bukit malimbu ini menjadi pusat sang matahari tenggelam atau bisa disebut dengan sunset.

Destinasi Wisata Lombok #3 Pantai Tanjung Aan

Destinasi Wisata Lombok - Pantai Tanjung Aan
Sumber : https://www.sunshineseeker.com/indonesia/the-two-best-beaches-on-lombok-tanjung-aan-mawun/

Destinasi wisata lombok yang ketiga adalah Pantai Tanjung Aan. Pantai yang hanya berjarak 3 kilometer dari pantai kuta ini merupakan tempat wisata pantai di Lombok yang bersih dan mempunyai ombak yang lembut sehingga cocok untuk di gunakan sebagai tempat snorkeling.

Pantai ini memang sangat cocok sebagai tempat snorkeling karena terumbu karang yang ada disana sangat indah dan terhampar luas.

Pantai tanjung aan ini juga disebut dengan pantai pasir merica yang disebabkan tekstur dari pasir di pantai ini sangat berbeda dengan pasir di pantai yang lainnya, pasir di pantai tanjung aan berbentuk butiran bulat dengan ukuran yang besar layaknya biji merica.

Destinasi Wisata Lombok #4 Gili Nanggu

Destinasi Wisata Lombok - Gili Nanggu
Sumber : https://www.wandernesia.com/product/gili-nanggu-tour/

Destinasi wisata lombok yang keempat adalah Gili Nanggu. Gili nanggu merupakan salah satu pulau yang berada di sisi barat pulau Lombok. Gili nanggu mempunyai luas 12,5 ha ini dikelola dengan konsep forest, sehingga dapat di pastikan pulau ini masih memiliki alam yang asri.

Gili nanggu juga memiliki keindahan taman laut yang luar biasa. Di pulai ini memiliki dua titik bagi anda yang ingin melaksanakan olahraga snorkeling yaitu di sisi timur pulau terdapat tempat yang mempunyai ikan-ikan cantik yang berkumpul serta di sisi sebelah selatan memiliki keindahan terumbu karang yang berwarna-warni.

Destinasi Wisata Lombok #5 Pantai Senggigi

Destinasi Wisata Lombok - Pantai Senggigi
Sumber : https://www.wartanasional.com/2018/10/04/festival-senggigi-2018-bukti-pariwisata-lombok-bangkit/

Destinasi wisata lombok yang kelima adalah Pantai Senggigi. Pantai senggigi merupakan pantai yang sangat terpopuler di Lombok. Pantai ini terletak tidak jauh dari gili trawangan, gili air dan gili meno.  Pantai senggigi memiliki pasir yang lembut serta air laut yang jernih bewarna biru kehijauan. Pantai ini juga cocok bagi anda yang ingin snorkeling karena pantainya yang dangkal serta formasi terumbu karang yang sangat unik.

Pantai senggigi merupakan spot terbaik untuk melihat matahari terbenam dengan keindahan gunung agung dari kejauhan.

Destinasi Wisata Lombok #6 Air Terjun Tiu Kelep

Destinasi Wisata Lombok - Air Terjun Tiu Kelep
Sumber : https://www.thelangkahtravel.com/paket-wisata-sehari-air-terjun-tiu-kelep/

Destinasi wisata lombok yang keenam adalah Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun dengan ketinggian mencapai 45 meter ini merupakan air terjun yang masih asri dan di kelilingi oleh pepohonan serta hutan dan berakhir dengan kolam yang sejuk.

Air terjun tiu kelep akan membuat stress yang kalian alami akibat lelah beraktivitas setiap harinya menjadi hilang, karena udara di air terjun tiu kelep sangatlah sejuk dan kalian bisa berenang di kolam dibawah air terjun tiu kelep tersebut.

Destinasi Wisata Lombok #7 Air Terjun Sendang Gile

Destinasi Wisata Lombok - Air Terjun Sendang Gile
Sumber : https://lensalombok.com/blog/air-terjun-di-lombok/

Destinasi wisata lombok yang ketujuh adalah Air Terjun Sendang Gile. Air terjun sendang gile berada di bawah air terjun kiu kelep ini memiliki ketinggian 30 meter yang memiliki bentuk bertingkat-tingkat. Sama seperti halnya dengan air terjun kiu kelep, di air terjun sendang gile memiliki kolam dengan bebatuan di bawah air terjunnya.

Baca Juga :   8 Spot Buat Lihat Sunrise Paling Keren di Indonesia Dijamin Puas

Destinasi Wisata Lombok #8 Pantai Tangsi

Destinasi Wisata Lombok - Pantai Tangsi
Sumber : http://www.panorama-destination.com/travel-tips-indonesia/7-places-off-beaten-track-east-lombok/

Destinasi wisata lombok yang kedelapan adalah Pantai Tangsi. Pantai tangsi terkenal dengan pasir di bibir pantainya yang berwarna pink. Udah pada tahu belum? Pantai tangsi ini terletak di Desa Sekaroh, Lombok Timur.

Pasir di pantai tangsi yang begitu lembut dan berwarna pink akibat kikisan terumbu karang dengan di gradasi oleh warna air laut yang biru akan menjadi pemandangan yang terindah bagi anda saat traveling ke Lombok. Hayoo siapa yang udah pingin kesana? Yuk mulai siapakan perjalananmu, tapi harus tetep mematuhi aturan pemerintah yah!

Destinasi Wisata Lombok #9 Lingkoq Datu Pantai Penyisok

Destinasi Wisata Lombok - Lingkoq Datu Pantai Penyisok
Sumber : https://greatnesia.id/adakah-tempat-wisata-murah-lombok/

Destinasi wisata lombok yang kesembilan adalah Lingkoq Datu Pantai Penyisok. Pantai Lingkoq Datu Pantai Penyisok ini masih jarang diketahui oleh para wisawatan. Pantai yang berlokasi di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur ini memiliki hamparan savana dibarengi samudra yang sangat luas, tetapi untuk menuju ke pantai ini, kalian harus menempuh perjalanan yang panjang dengan batuan yang terjal.

Destinasi Wisata Lombok #10 Air Terjun Benang Kelambu

Destinasi Wisata Lombok - Air Terjun Benang Kelambu
Sumber : https://desainermales.com/benang-kelambu-awal-perjalanan-kami-di-lombok/

Destinasi wisata lombok yang kesepuluh adalah Air Terjun Benang Kelambu. Bagi kalian yang ingin mendaki ke gunung rinjani, sebelum itu kalian akan di suguhkan dengan keindahan alam dari air terjun benang kelambu. Air terjun benang kelambu ini berlokasi di Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah.

Air terjun ini beda dengan air terjun yang lainnya, yang menjadi pembeda antara air terjun benang kelambu dengan air terjun lainnya yaitu air yang mengalir di air terjun benang kelambu sangatlah tipis pada ketinggian tebing. Air terjun benang kelambu ini berasal dari danau segara anak, gunung rinjani yang melewati pepohonan sehingga membuat volume air yang mengalir sangatlah tipis.

Destinasi Wisata Lombok #11 Desa Sukarara Lombok

Destinasi Wisata Lombok - Desa Sukarara Lombok
Sumber : https://www.getyourguide.com/lombok-l2412/the-sasak-trail-of-lombok-full-day-tour-t137210/

Destinasi wisata lombok yang kesebelas adalah Desa Sukarara Lombok. Desa penghasil kain tenun ini cocok untuk anda yang menyukai sebuah karya seni.  Kain khas Lombok ini sudah sampai ke mancanegara. Harga kain songket itu sendiri tergantung pada motif. Bagi wisatawan yang hadir akan di suguhi dengan pemandangan langsung cara pembuatan kain songket yang masih dilakukan dengan cara tradisional.

Oleh-Oleh Wajib Saat Berlibur Ke Lombok

Jika pergi liburan tanpa membawa oleh-oleh rasanya masih kurang engga sih? Tenang-tenang gengs, di pulau Lombok kalian juga akan menemukan berbagai macam oleh-oleh yang wajib kalian beli dan coba serta dibagikan kepada saudara meski tidak ikut liburan yang terpenting kan dapat oleh-oleh khas sana hihihi. Berikut macam-macam jenis oleh-oleh yang wajib kalian coba, sebagai berikut :

Oleh-Oleh #1 Dodol Rumput Laut Lombok

Dodol Rumput Laut Lombok
Sumber : https://dikemas.com/bisnis-dodol-rumput-laut-oleh-oleh-khas-lombok-nih

Dodol rumut laut khas Lombok ini sangat berbeda loh dengan dodol yang lainnya. Dodol ini terbuat dari rumput laut yang memiliki tekstur kenyal, mempunyai rasa yang manis dan enak tentunya. Dodol rumput laut ini juga mempunyai varian rasa loh, mulai dari rasa buah hingga sayuran dan mempunyai berbagai macam warna tentunya.

Oleh-Oleh #2 Madu Sumbawa Lombok

Madu Sumbawa Lombok
Sumber : https://jejakpiknik.com/oleh-oleh-khas-lombok/

Madu Sumbawa Lombok ini berbeda dengan madu lain yang menjadi pembeda adalah dari segi warna. Madu pada umumnya berwarna keemasan sedangkan madu Sumbawa Lombok ini berwarna putih. Madu ini memuat rasa yang khas sehingga akan membuat anda ketagihan.

Baca Juga :   7 Tempat Wisata Malang Yang Kekinian Untuk Para Milenial

Madu putih ini juga baik untuk kesehatan dan kecantikan, jadi untuk kalian yang ingin liburan ke Lombok wajib nih beli madu Sumbawa Lombok ini biar badan jadi sehat dan kecantikan anda tetap terjaga tentunya.

Oleh-Oleh #3 Susu Kuda Liar Lombok

Susu Kuda Liar Lombok
Sumber : https://kulinerkota.com/oleh-oleh-khas-lombok/

Susu kuda liar khas Lombok ini berasal dari kuda-kuda Sumbawa yang tentunya mempunyai khasiat yang telah di percaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit, seperti paru-paru basah, leukemia, tipes, bronchitis dan lain sebagainya. Wajib beli deh buat kalian yang ingin kesana, selain mendapatkan oleh-oleh yang rasanya enak. oleh-oleh yang kalian beli pun juga akan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Oleh-Oleh #4 Stik Kangkung

Stik Kangkung
Sumber : https://makananoleholeh.com/oleh-oleh-khas-lombok/

Nah loh kangkung dibuat stik, emang enak? Stik kangkung khas Lombok yang berbahan dasar tepung terigu ini tidak hanya memiliki rasa original tetapi stik ini mempunyai banyak sekali rasa yang enak untuk kalian coba, tentunya stik kangkung ini jauh lebih sehat dari stik-stik pada umumnya. Jadi mau coba engga?

Oleh-Oleh #5 Sambal Encim Lombok

Sambal Encim Lombok
Sumber : https://katalog.oleholehkhaslombok.net/khas-lombok-ntb/oleholehkhaslombokntbsambalencim/

Makanan jika tidak pedas rasanya seperti biasa aja engga sih? Jika kalian menyukai berbagai macam sambal, coba deh beli oleh-oleh sambal encim khas Lombok ini yang di jamin enak.

Bahkan sambal ini sudah di import ke Malaysia sampai ke singapura juga loh. Sabal encim Lombok ini juga mempunyai berbagai macam varian loh, mulai dari sambal cabai hijau, sambal terasi taliwang, sambal ebi, sambal ikan asap, sambal rumput laut, dan sambal rending. Duhh jadi pengen coba deh.

Dari penjelasan di atas banyak banget yah wisata menarik di negara tercinta kita. So, buat kalian yang ingin liburan, engga usah pergi ke luar negeri deh, cobalah jelajahi jenis-jenis tempat menarik yang ada di negara tercinta ini.

Semakin banyak kalian berkunjung ke suatu daerah maka semakin banyak pengetahuan kalian tentang keberagaman budaya yang akan kalian dapat, sehingga menjadikan kalian lebih mencintai dan terus menjaga keindahan alam yang di ciptakan oleh sang pencipta kepada negara tercinta kita yaitu Indonesia.

Tak hanya itu kalian juga dapat lebih mencintai barang-barang seperti kain, makanan yang ada di setiap daerah di Indonesia ini. Mari mulai sekarang persiapkan liburanmu ke daerah yang ingin kalian tuju dan jangan lupa beri tahu ke semua orang bahwa di negara tercinta kita ini mempunyai pesona alam yang tiada bandingannya.

Kurang lebihnya kami mohon maaf, jika ada tambahan bisa langsung komen di kolom komentar yah gengs, agar situs ini semakin berkembang dan memberikan kalian banyak tips untuk liburan serta berbagai macam destinasi wisata yang patut untuk kalian kunjungi.

Nah… Itulah 11 Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi, Jangan lupa share ke teman-teman kalian juga yah, agar teman-teman kalian semua tau bahwa banyak sekali destinasi wisata lombok yang harus di kunjungi dan di cintai yang berada di negara tercinta kita Indonesia.

Stay Productive

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *