Press "Enter" to skip to content

6 Tempat Wisata Banyuwangi Paling Populer yang Tidak Boleh Dilewatkan

Saputa 0

6 Tempat Wisata Banyuwangi Paling Populer yang Tidak Boleh Dilewatkan – Banyuwangi adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang dipenuhi dengan berbagai pesona wisata alamnya. Tempat Wisata di Banyuwangi ini sangat indah dan tentu saja tidak boleh kalian lewatkan saat kalian berkunjung ke Banyuwangi.

Nahh, kali ini kita akan membahas artikel tentang 6 Tempat Wisata Banyuwangi Paling Populer yang Tidak Boleh Dilewatkan. Jangan sampai kalian lewatkan 6 tempat wisata banyuwangi ini saat kalian berkunjung ke Banyuwangi nanti yah temen-temen 😊.

Artikel tentang Destinasi Wisata selain 6 Tempat Wisata Banyuwangi Paling Populer yang Tidak Boleh Dilewatkan dapat diakses di link berikut ini:

Destinasi Wisata

6 Tempat Wisata Banyuwangi Paling Populer yang Tidak Boleh Dilewatkan

Wisata #1 Kawah Ijen

Tempat Wisata Banyuwangi - Kawah Ijen

Tempat wisata Banyuwangi paling populer yang tidak boleh dilewatkan yang pertama adalah Kawah Ijen. Kawah Ijen adalah sebuah kawah dari Gunung Ijen yang mempunyai pemandangan yang indah. Kawah ini membentuk sebuah danau yang sangat indah akibat letusan dari Gunung Ijen. Wisata ini adalah geowisata yang berpotensi menjadi salah satu andalan di Banyuwangi.

Kawah Ijen ini berada di ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut, dengan kabut dan asap belerang yang membuat wilayah Kawah Ijen menjadi semakin Eksotis. Dengan pesona Api Biru nya, Kawah Ijen telah menjadi wisata yang banyak diburu baik oleh wisatawan domestic maupun wisatawan mancanegara.

Kawah Ijen berlokasi di Pt.Perk. Lidjen, Tamansari, Licin, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, 68454. Wisatawan yang datang ke Kawah Ijen ini tidak perlu resah dengan biaya yang harus dibayarkan, karena harga tiket masuknya pun terbilang cukup murah.

Harga tiket masuk di Kawah Ijen mulai dari Rp5.000 sampai Rp375.000 saja, kecuali untuk wisatawan asing harus membayar lebih mahal. Kawah Ijen dibuka setiap hari Senin-Minggu mulai jam 01.00 hingga jam 12.00 dan hanya ditutup sekali setiap bulan, yaitu pada hari Jum’at minggu pertama dari bulan yang bersangkutan.

Wisata #2 Pantai Pulau Merah

Tempat Wisata Banyuwangi - Pantai Pulau merah
Sumber : https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-timur/pantai-pulau-merah-banyuwangi-yang-unik-dan-menawan.html

Tempat wisata Banyuwangi paling populer yang tidak boleh dilewatkan yang kedua adalah Pantai Pulau Merah. Dulunya, Pantai Pulau merah ini mempunyai nama Pantai Wringin Putu, tetapi nama ini akhirnya diubah karena keunikan yang terdapat di pantai ini.

Baca Juga :   11 Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Di Pantai Pulau Merah, terdapat sebuah bukit yang terletak dekat dengan bibir pantainya. Bukit ini memiliki tanah berwarna merah yang tertutup oleh vegetasi hijau. Karena tanah di bukit itulah, pantai ini dijuluki sebagai Pantai Pulau Merah. Selain itu, di pantai ini juga seringkali diadakan lomba surfing international setiap setahun sekali.

Pantai Pulau Merah ini terletak di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, 68488. Untuk menikmati indahnya Pantai Pulau Merah, wisatawan cukup membayarkan tiket masuk sebesar Rp10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp100.000 untuk wisatawan mancanegara.

Wisatawan bisa dating ke wisata Pantai Pulau Merah ini kapanpun mereka mau, karena wisata ini buka selama 24 jam setiap hari. Waktu terbaik jika ingin mengunjungi Pantai Pulau Merah ini tentunya pada saat siang menjelang sore hari.

Wisata #3 Teluk Hijau

Tempat Wisata Banyuwangi - Teluk Hijau
Sumber : https://www.nativeindonesia.com/wisata-teluk-hijau-banyuwangi/

Tempat wisata Banyuwangi paling populer yang tidak boleh dilewatkan yang ketiga adalah Teluk Hijau. Teluk Hijau atau yang sering disebut dengan Green Bay ini adalah salah satu objek wisata di Banyuwangi yang membuat kabupaten ini begitu terjaga keasriannya.

Lokasi Teluk Hijau ini berada jauh di dalam hutan yang begitu alami. Ditambah lagi, Teluk Hijau ini masih berada di kawasan Taman Nasional Meru Beriti. Keindahan dari Teluk Hijau ini bisa dikatakan mirip sekali dengan Phi Phi Island di Thailand. Tentunya suatu keindahan bak surge yang tersembunyi di dalam hutan.

Teluk Hijau ini memiliki lokasi di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, 68488. Karena Teluk Hijau ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, jadi hanya dikenakan tiket masuk yang sama dengan taman nasional tersebut, yaitu sebesar Rp7.500.

Untuk menikmati keindahan Teluk Hijau ini, ada baiknya jika kita berkunjung ketika hari sedang cerah, yaitu pada musim kemarau. Mengingat medan yang harus dilalui untuk menuju ke Teluk Hijau ini bukanlah jalan yang biasa, melainkan hutan dan lautan. Wisata ini buka setiap hari mulai jam 08.00 hingga 16.00 WIB.

Wisata #4 Pantai Plengkung

Tempat Wisata Banyuwangi - Pantai Plengkung

Tempat wisata Banyuwangi paling populer yang tidak boleh dilewatkan yang keempat adalah Pantai Plengkung. Pantai Plengkung atau yang sering dikenal dengan sebutan G-Land ini merupakan pantai yang letaknya berada di kawasan yang sama dengan Taman Nasional Alas Purwo. Untuk mencapai area Pantai Plengkung ini wisatawan harus menjelajah hutan terlebih dahulu.

Baca Juga :   8 Spot Buat Lihat Sunrise Paling Keren di Indonesia Dijamin Puas

Ombak di Pantai Plengkung ini mempunyai gelombang setinggi 6-8 meter dengan panjang 2 km. Oleh karena itu, Pantai Plengkung ini telah menjadi pantai yang mempunyai tujuh ombak terbaik di dunia. Ombak di Pantai Plengkung berada pada urutan ke dua setelah Hawaii. Dikarenakan adanya ombak yang menantang itulah, di Pantai Plengkung ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk ajang surfing international.

Pantai Plengkung ini terletak di Purworejo, Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, 68448. Karena pantai ini berada di kawasan yang sama dengan Taman Nasional Alas Purwo, maka harga tiket masuknya pun mengikuti tiket masuk ke taman nasional, yaitu sebesar Rp5.000 saja.

Jam buka Pantai Plengkung ini pun juga mengikuti jam buka Taman Nasional Alas Purwo. Namun, bagi wisatawan yang sudah berada di area pantai tidak perlu buru-buru pulang, karena di area pantai ini kalian masih bisa menginap di tempat yang disediakan. Pantai ini dibuka setiap jam 07.30 hingga jam 16.00 WIB setiap hari.

Wisata #5 Pulau Tabuhan

Tempat Wisata Banyuwangi - Pulau Tabuhan
Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/246741/pulau-tabuhan-disewakan-tapi-tenang-masyarakat-banyuwangi-masih-bisa-bertandang

Tempat wisata Banyuwangi paling populer yang tidak boleh dilewatkan yang kelima adalah Pulau Tabuhan. Pulau Tabuhan adalah sebuah pulau tak berpenghuni yang berlokasi di Selat Bali. Pulau ini hanya mempunyai luas sebesar 5 hektar saja, namun kecantikannya sangat luar biasa.

Di tengah pulau ini, terdapat pepohonan hijau nan subur yang dikelilingi dengan pasir putih di sepanjang bibir pantai. Air laut di sekitar Pulau Tabuhan ini jernih dan bergradasi, mulai dari hijau muda, biru muda, hingga biru pekat, jika kita lihat dengan menjauh dari bibir pantai.

Pulau Tabuhan ini berlokasi di Pulau Tabuhan, Bengkak, Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, 68453. Pulau Tabuhan ini terbuka bagi masyarakat umum, sehingga wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk, tetapi wisatawan perlu mempersiapkan biaya untuk naik kapal menuju dan keluar dari pulau. Harga tiket kapal menuju Pulau Tabuhan ini seharga Rp500.000 untuk 10 orang.

Baca Juga :   7 Tempat Wisata Malang Yang Kekinian Untuk Para Milenial

Sebenarnya Pulau Tabuhan ini tidak memiliki jam buka tertentu, tetapi biasanya wisatawan banyak berkunjung mulai jam 08.00 hingga jam 17.00 WIB. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik berwisata ke Pulau Tabuhan disarangkan untuk menghindari angin musim barat yang terjadi antara bulan Desember hingga Maret.

Wisata #6 Taman Nasional Alas Purwo

Tempat Wisata Banyuwangi - Taman Nasional Alas Purwo
Sumber : https://agrozine.id/menilik-fakta-menarik-di-taman-nasional-alas-purwo/

Tempat wisata Banyuwangi paling populer yang tidak boleh dilewatkan yang keenam adalah Taman Nasional Alas Purwo. Taman Nasional Alas Purwo adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang memiliki luas area kurang lebih 43.420 Ha. Taman Nasional ini memiliki lebih dari 700 jenis tumbuhan dengan tumbuhan khas sawo kecik.

Selain banyaknya jenis flora, terdapat juga banyak fauna mulai dari kelas mamalia, unggas, dan reptil serta amfibi. Dari kelas mamalia terdapat 50 jenis fauna mulai dari banteng hingga macan, monyet, dan lain-lain. Dari kelas unggas terdapat 302 jenis burung, 48 jenis dari kelas reptil, dan 15 jenis dari kelas amfibi.

Taman Nasional Alas Purwo ini terletak di Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, 68484. Harga tiket masuk menuju taman nasional ini pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp150.000 untuk wisatawan mancanegara.

Untuk wisatawan yang berkunjung dengan rombongan minimal 10 orang, maka akan mendapatkan harga tiket masuk yang lebih murah. Taman Nasional Alas Purwo ini dibuka setiap hari Senin sampai Jumat mulai dari pukul 07.30 hingga pukul 16.00 WIB. Tempat wisata ini tutup setiap hari Sabtu dan hari Minggu.

Nahh, Itulah artikel tentang 6 Tempat Wisata Banyuwangi Paling Populer yang Tidak Boleh Dilewatkan, Gimana nihh?? Jadi pengen segera ke tempat wisata ini kan?? Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan dan kesehatan yahh 😊.

Jangan lupa untuk share artikel 6 Tempat Wisata Banyuwangi Paling Populer yang Tidak Boleh Dilewatkan ini ke teman-teman kalian, agar ilmu ini bisa terbagi pula.

Stay Productive

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *