Press "Enter" to skip to content

6 Tips Menabung Untuk Liburan Yang Wajib Kalian Coba

Saputa 0

6 Tips Menabung Untuk Liburan Yang Wajib Kalian Coba – Menabung sudah menjadi hal yang diajarkan oleh orang tua kita sejak kecil. Tetapi, saat ini masih banyak sekali anak muda yang kesulitan untuk menabung karena godaan dari teman-temannya maupun dari tempat nongkrong mereka.

Bahkan, saat ini banyak anak jaman sekarang yang tidak jadi untuk liburan bareng pasangan karena tabungan mereka yang boncos di tengah jalan. Padahal saat aka liburan, kalian membutuhkan banyak dana agar liburan kalian bisa menjadi aman, nyaman, dan tentunya bisa menghilangkan rasa stress kalian.

Karena itulah, kali ini kami akan membagikan 6 tips menabung untuk liburan yang dapat kalian coba nanti saat sedang merencanakan liburan yang membutuhkan tabungan yang tidak sedikit pula.

Artikel lain tentang Tips Perjalanan selain 6 Tips Menabung Untuk Liburan Yang Wajib Kalian Coba dapat kalian akses di link berikut ini:

Tips Perjalanan

6 Tips Menabung Untuk Liburan Yang Wajib Kalian Coba

Berikut ini adalah 6 tips menabung untuk liburan yang wajib dicoba oleh para traveller ketahui:

Tips #1 Buka Tabungan Berjangka

Tips Menabung Untuk Liburan - Buka Tabungan berjangka

Tips menabung untuk liburan yang pertama adalah dengan membuka tabungan berjangka di bank. Salah satu cara menyiapkan dana untuk liburan adalah dengan menabung lewat produk tabungan berjangka di bank. Cara ini bisa menjadi solusi bagi kalian yang kesulitan untuk menabung.

Cara ini juga cocok untuk kalian yang gampang menbelanjakan uang tanpa pikir panjang, sehingga dana untuk liburan jadi terbengkalai dan liburan pun juga menjadi tertunda. Tabungan berjangka pada bank menggunakan sistem autodebit dari rekening utama kalian sebagai sumber dana, sehingga bisa dipastikan bahwa kalian tidak akan bisa tidak menabung setiap bulannya.

Sekarang ini, beberapa bank di Indonesia yang memiliki produk tabungan berjangka telah memberikan alternatif jangka waktu dengan rentang yang cukup lebar. Hal ini dapat memudahkan kalian untuk memilih jangka waktu serta target dana yang hendak kalian capai.

Kita bisa lihat dari produk tabungan berjangka dari bank, misalnya seperti BCA. BCA baru merilis Tahapan Berjangka untuk produk tabungan berjangka ini pada bulan Februari 2016 lalu. Keunggulan produk tabungan berjangka jika dibandingka dengan tabungan pada umumnya adalah tarif bunganya yang lebih tinggi.

Produk tabungan berjangka bank lain, seperti CIMB Niaga. Bank tersebut mempunyai produk tabungan berjangka dengan nama Tabungan Mapan yang memiliki jangka waktu menabung mulai dari 6 bulan sampai 10 tahun.

Tabungan mapan ini juga memiliki suku bunga yang mencapai 7% bergantung pada jangka waktu yang akan dipilih oleh nasabahnya. Keunggulan lain dari produk tabungan berjangkanya adalah adanya asuransi jiwa yang gratis. Jika terjadi resiko sakit ataupun kecelakaan, maka nasabah akan mendapat uang pertanggungan, apabila sudah menyetor dana selama lebih dari dua tahun.

Tips #2 Menabung 10 ribu Setiap Hari

Tips Menabung Untuk Liburan - Tips Menabung Untuk Liburan - Menabung 10 ribu tiap hari

Tips menabung untuk liburan yang kedua adalah selalu menabung 10 ribu setiap harinya. Pasti dari kalian banyak bertanya kenapa 10 ribu?? Walaupun hanya 10 ribu per hari, jika kita menabung dalam jangka waktu yang lama, maka uang 10 ribu ini lama-lama juga akan bertambah juga nolnya hehe.

Baca Juga :   14 Manfaat Liburan Bareng Sahabat Yang Harus Diketahui

Kegiatan menabung untuk liburan dengan tips ini, selain bisa membantu kalian untuk melakukan penghematan uang, juga dapat membantu kalian untuk mengendalikan uang di masa depan nanti. Dalam sistem menabung, kalian membutuhkan target uang terkumpul setiap bulannya. Misalnya, satu juta dalam sebulan.

Nahh, kalian bisa memulai menabung untuk liburan dengan menyisihkan uang 10 ribu per hari saja. Karena pada dasarnya satu juta dalam waktu satu bulan itu tidak mudah. Tetapi, ini bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai. Untuk itu, berikut ini adalah cara menabung 10 ribu per hari yang mudah untuk dipraktikkan:

#1 Sisihkan uang langsung pada awal bulan.

Saat kalian menerima uang bulanan untuk jajan atau menerima uang gaji, sebaiknya langsung kalian potong pada awal bulan saja. Misalnya kalian ingin menabung 10 ribu per hari, maka jika satu bulannya kamu akan mendapatkan 300 ribu di celeng tabunganmu.

#2 Nabung 10 ribu tetep bisa jalan-jalan.

Kalian bisa menggunakan uang tabungan kalian ini untuk refreshing sekali-sekali, seperti pergi ke bioskop, makan di luar, berkunjung ke kebun binatang, ataupun pergi ke taman bermain.

#3 Jangan membeli sesuatu yang tidak diinginkan.

Menabung dalam waktu yang singkat bisa jadi mungkin jika kalian tidak membeli barang yang tidak perlu terlalu sering. Jika hawa nafsumu ini tidak ditahan, lalu apa gunanya tabungan 10 ribu per hari dalam sebulan itu.

#4 Penggunaan Listrik Dibatasi.

Kalian perlu memperhatikan aktivitas disaat kalian memakai listrik. Jika kalian terlalu boros menggunakan listrik, maka tagihan kalian bisa semakin melonjak. Cara paling mudah untuk mengurangi pemakaian listrik adalah dengan mematikan lampu disaat kalian pergi.

#5 Menjual Barang Tak Terpakai.

Cara ini tentunya paling bagus untuk kalian terapkan. Kalian pastinya memiliki baju atau pakaian yang tidak dipakai lagi kan?? Nah, daripada harus mubazir lebih baik kalian jual saja pakaian itu.

#6 Mengurangi Nongkrong di Luar Rumah.

Pastinya cara ini harus kalian lakukan lah, karena setiap keluar rumah pasti ada aja godaan untuk nongkrong di café. Kalian bisa nongkrong cukup 2 kali sebulan saja, agar pengeluaran kalian bisa berkurang.

#7 Batasi Uang Yang Dibawa Saat Bepergian

Untuk menghindari sifat boros kalian, kalian bisa menggunakan cara ini. Sebaiknya, jika kalian ingin berbelanja buatlah catatan terlebih dahulu keperluan yang dibutuhkan, agar tidak jadi pengeluaran berlebih.

Tips #3 Cari Pekerjaan Sampingan Sesuai Hobi

Tips Menabung Untuk Liburan - Cari pekerjaan sampingan sesuai hobi

Tips menabung untuk liburan yang ketiga adalah carilah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan hobi kalian. Salah satu cara paling umum untuk menambah penghasilan yang digunakan sebagai tabungan untuk liburan nanti adalah dengan mencari pekerjaan sampingan.

Pekerjaan sampingan ini bisa kalian gunakan sebagai sarana menyalurkan hobi, terutama bagi kalian yang bekerja di bidang yang bukan pada hobi kalian. Misalnya untuk seorang pegawai restoran yang hobi untuk menulis, dia bisa memulai pekerjaan sampingan dengan menulis di blog pribadinya.

Baca Juga :   10 Kejadian Akibat Kurang Persiapan Saat Travelling Wajib Kalian Ketahui

Jika kalian memiliki pekerjaan sampingan hanya dengan motivasi untuk menambah pemasukan saja, kalian lama-lama akan merasa jenuh juga karena terlalu banyak pekerjaan apalagi yang tidak sukai hanya akan membuat kita kelelahan saja. Jadi, pilihlah pekerjaan sampinganmu sesuai dengan hobimu agar pekerjaan tersebut dapat bertahan lama pula.

Itulah mengapa mengedepankan segi passion ini sangat diperlukan untuk pekerjaan sampingan ini. Kalian bisa mengatur waktu mulai dari satu hingga 2 jam sehari untuk mengerjakan pekerjaan sampingan. Anggap saja uang yang diperoleh dari pekerjaan sampingan ini adalah bonus kalian setelah melakukan hobi untuk tambahan jika mau travelling nanti 😊.

Namun, bagi beberapa orang yang gaji dari pekerjaan utamanya masih belum bisa menutup semua kebutuhan, pekerjaan sampingan ini bisa menjadi solusi untuk menambah penghasilan dan tabungan untuk liburan pula. Memang sih, terkadang hasil dari pekerjaan sampingan ini masih kurang memuaskan daripada hasil dari pekerjaan utama.

Walaupun begitu, jika pekerjaan sampingan ini dilakukan dengan tekun, nantinya bisa juga akan menjadi sumber pemasukan yang dapat kita andalkan. Kalian juga bisa menganggap bahwa upah yang hanya lumayan dari pekerjaan sampingan ini sebagai cadangan pekerjaan yang menjanjikan di masa depan.

Kalian kan juga tidak mungkin kerja terus menerus, pasti ada waktunya juga kalian akan pensiun dan mulai menikmati hidup. Nahh, saat itulah pekerjaan sampingan ini ikut ambil bagian.

Tips #4 Kurangi Jumlah Nongkrong Yang Gak Penting

Tips Menabung Untuk Liburan - Kurangi jumlah nongkrong gak penting

Tips menabung untuk liburan yang keempat adalah dengan mengurangi jumlah nongkrong yang tidak terlalu penting. Nongkrong mungkin sudah menjadi kegiatan yang wajib untuk anak jaman sekarang. Duduk dan ngumpul sama temen mungkin tidak akan menghabiskan banyak uang, tapi juga tidak menghasilkan uang 😊.

Namun, jika nongkrong yang kamu lakukan dalam jangka waktu satu bulan sudah lebih banyak daripada jumlah tabunganmu, ini bisa menjadi beban kalian jika kalian ingin pergi liburan nanti. Oleh karena itu, kalian harus sudah mulai lebih cermat dalam mengatur pengeluaran untuk nongkrong ataupun mengurangi jumlah nongkrong yang kalian lakukan.

Cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatur pengeluaran nongkrong kalian adalah dengan membuat anggaran khusus. Waktu gajian, kalian bisa menyisihkan beberapa uang kalian yang dikhususkan untuk nongkrong dan main sama teman-teman.

Tetapi, kalian juga harus lebih disiplin untuk tidak menggunakan uang simpanan lain jika nantinya uang nongkrongmu tadi sudah habis. Saat uang khusus nongkrong sudah habis, maka cobalah untuk menolak ajakan teman kalian atau jadwalkan acara nongkrong tersebut lain waktu saja.

Selain itu, jika uang khusus nongkrong kalian sudah habis kalian juga bisa mencoba untuk mencari alternatif tempat nongkrong yang lebih hemat, tapi tetap menyenangkan. Sebenarnya, nongkrong sama teman ini tidak harus selalu dilakukan di restoran, kafe, ataupun bioskop.

Baca Juga :   9 Perbedaan Persiapan Travelling Sebelum dan Saat Pandemi Yang Wajib Diketahui

Tapi kalian juga bisa mengajak mereka untuk piknik di taman, nonton film di rumah saja, atau sekedar berolahraga bersama. Jika kegiatan itu bisa kalian lakukan tentunya nongkrong kalian juga bisa menjadi lebih hemat dan tabungan untuk liburan juga bisa konsisten dan kelihatan hasilnya.

Tips #5 Bawa Bekal Makan Siang

Tips Menabung Untuk Liburan - Bawa bekal makan siang

Tips menabung untuk liburan yang kelima adalah dengan membawa bekal makan siang saat sekolah, kuliah, ataupun kerja. Membawa makanan dan minuman untuk siang hari dari rumah ini sudah tebukti dapat menghemat pengeluaran kalian nanti.

Banyak sekali orang beralasan bahwa mereka tidak sempat untuk memasak karena sibuknya pekerjaan mereka, sehingga mereka pun lebih memilih untuk pergi ke warteg, kantin, atau mungkin pesan lewat ojek online untuk mengantarkan makan siang.

Sebenarnya, untuk membawa bekal makan siang ini, kalian tidak perlu memasak makanan yang ribet dan menyita waktu, kalian cukup memasak makanan yang mudah saja, seperti nasi goreng, ayam goreng, telur, tahu atau tempe, sayur, dan lain-lain.

Kegiatan memasak untuk bekal ini juga bisa membuat kalian terbiasa bangun lebih awal dan berangkat kerja lebih santuy tanpa harus khawatir akan macet di jalan. Oleh karena itu, mulailah untuk membawa bekal makan siang agar tabungan untuk liburang kalian bisa bertambah lebih cepat 😊.

Tips #6 Kurangi Jajan Kopi di Cafe

Tips Menabung Untuk Liburan - Kurangi jajan kopi di cafe

Tips menabung untuk liburan yang keenam adalah mengurangi untuk membeli kopi di café. Kebanyakan anak muda jaman sekarang suka sekali untuk menghabiskan waktunya dengan nongkrong sambil ditemani kopi. Kalaupun tidak begitu, kopinya yang akan dipesan lewat ojek online.

Padahal jika kalian mengurangi uang jajan kopi ini, uang tersebut bisa menjadi tabungan tambahan yang bisa kalian gunakan untuk liburan nanti lohh. Uang jajan untuk minum kopi anak muda dalam satu hari biasanya mencapai sekitar 50 ribu rupiah.

Uang ini jika kalian alihkan ke tabungan untuk liburan kalian, maka dalam satu bulan kalian sudah bisa dapat 1,5 juta lohh. Hal ini akan membuat proses tabungan untuk liburan kalian lebih cepat, karena kalian telah mengurangi pengeluaran terbesar kalian dalam hidup ini :D.

Nah… Itulah artikel tentang 6 Tips Menabung Untuk Liburan Yang Wajib Kalian Coba. Gimana nih? Jadi pengen nyoba cara nabung ini kan? Kalian bisa mencoba 6 tips menabung untuk liburan ini mulai sekarang agar nantinya kalian punya tabungan lebih untuk liburan dengan pasangan kalian masing-masing 😊.

Jangan lupa untuk share artikel 6 Tips Menabung Untuk Liburan Yang Wajib Kalian Coba ini ke teman-teman kalian, agar ilmu ini bisa terbagi pula.

6 Tips Menabung Untuk Liburan Yang Wajib Kalian Coba

Stay Productive

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *